Sunday, December 9, 2012

Mengenal Raksasa Jaringan, CISCO

sumber: wikipedia.org

Cisco System, Inc. adalah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang mendesain, membuat, dan peralatan networking/ jaringan. Didirikan tahun 1984 oleh Leonard Bosack dan istrinya Sandy Lerner serta Richard Troiano yang menyusul kemudian, memustuskan memberi nama Cisco pada Cisco System berdasarkan nama kota San Francisco. Untuk produk pertamanya, Bosack mengadaptasi software multiple protocol router yang sebelumnya sudah pernah dibuat oleh William Yeager yang kemudian bergabung ke Sun Microsystems.

Kini Cisco menjadi salah satu raksasa perusahaan dalam bidang jaringan komputer, di mana produknya bervariasi, mulai dari networking device, manajemen network, software, hingga datacenter. Pendapatan resmi Cisco tahun 2012 sebesar US$ 46.061 miliar dan memiliki karyawan sebanyak 66.639 yang tersebar di seluruh dunia.

Produk dari Cisco, di antaranya IP phones dan Telepresence, sering kita lihat di film atau TV seri di Amerika. Bahkan perusahaan dan sejarah dari Cisco didokumentasikan dalam film "Something Ventured" yang tayang pada tahun 2011. Cisco sendiri menerima penghargaan Ron Brown Award untuk tahun 2002-2003, sebuah penghargaan presiden Amerika Serikat untuk perusahaan yang mempunyai kualitas teladan dalam hubungan perusahaan dengan karyawan dan masyarakat. Cisco selalu berada di atas dalam Fortune "100 Best Companies to work for", dengan posisi nomor 20 di tahun 2011.

Sangat banyak dan panjang kisah sukses Cisco, di antaranya merekalah yang mendesain dan membuat jaringan komputer untuk kota San Fransisco yang terkenal dengan kualitas, keamanan, dan integritasnya. Tak heran, produk-produk Cisco banyak dipakai oleh perusahaan, universitas, keluarga bahkan individual sekalipun. Sebagai contoh, First Media di Indonesia yang menggunakan produk Cisco sebagai salah satu penyedia hardware modem untuk dipasang di rumah pelanggannya.

Semoga infonya bermanfaat... Salam sejahtera untuk kita semua..



Junario Wibawa/ 1601274521
01PCM

No comments:

Post a Comment