Sunday, December 23, 2012

OSI 7 Layers

sumber:
telecommunications-tutorials.com
Discovering Computers 2011, Shelly Cashman Series


Kita mungkin sering bertanya-tanya, bagaimana cara data dikirimkan melalui internet? Bagaimana pesan kita ditransmisikan melalui jaringan internet?

Setiap pesan yang kita kirimkan ke internet, bahkan pesan yang sangat sederhana pun, harus dibagi-bagi menjadi potongan-potongan paket data dan dikirimkan melalui medium transmisi, contohnya kabel telepon, dsb. Tiap potongan paket data ini memiliki jalur atau jalannya sendiri yang berbeda saat mereka dikirimkan ke jaringan. Bagaimana caranya, apa yang membuat pesan yang kita kirimkan benar-benar sampai dengan akurat?

Open System Interconnection (OSI) model, merupakan standar komunikasi yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO), memberikan kita jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Melalui model OSI, data mengalir ke jaringan melalui tujuh lapisan (layers). Tiap lapisan hanya berhubungan dengan tepat satu lapisan di atas atau di bawahnya. Saat suatu lapisan menerima data, lapisan tersebut melakukan fungsi tertentu, menambahkan control information ke dalam data, dan meneruskannya ke lapisan berikutnya. Control information berisi error-checking, routing, dan informasi lainnya yang dibutuhkan untuk memastikan proses transmisi yang benar.

Lapisan paling atas, application layer, berguna sebagai interface antara pengguna dan network. Berikutnya, presentation layer menerjemahkan pesan yang diberikan ke bahasa yang computer penerima gunakan (contohnya dari ASCII ke dalam EBCDIC), juga memproses atau encrypt data.

Session layer membuat dan menjaga sesi komunikasi. Sesi adakah periode antara terbangunnya koneksi, transmisi data, dan terputusnya koneksi. Trasnport layer memastikan data yang diterima benar-benar akurat dan dalam gelombang yang semestinya. Network layer mengantarkan pesan dari pengirim ke penerima. Layar ini memisahkan segmen data dari transport layer ke dalam kelompok yang lebih kecil yang disebut paket.

Data link layer mengawasi transmisi pesan kepada jaringan berikutnya dengan menentukan teknologi jaringan yang digunakan (misalnya Ethernet atau Token Ring) dan mengelompokkan data sesuai dengan jaringannya. Pada lapisan terakhir, physical layer mengubah paket-paket data menjadi sinyal yang dikenali oleh medium yang akan membawanya, contohnya sinyal analog bila menggunakan medium kabel telepon, dan mengirimkannya kepada komputer penerima melalui medium yang digunakan.



1601274521/ Junario W.
01PCM

No comments:

Post a Comment