Sunday, December 9, 2012

Pertempuran 4 Raksasa di Dunia Internet

sumber: www.economist.com

"IT IS an epic story of warring factions in a strange and changing landscape, a tale of incursions and sieges, of plots and betrayals, of battlefield brilliance and of cunning with coin."
Kini, pertempuran antara empat raksasa dunia digital, mereka adalah Google, Amazon, Apple, dan Facebook, semakin panas dan sengit. Hingga kini, pengamat dan penegak hukum di Amerika dan Eropa sedang terus mengawasi dan menyelidiki kasus-kasus persaingan tidak sehat di antara keempatnya. Apple sedang diselidiki dalam kecurigaan bersekongkol dengan beberapa penerbit buku untuk mengurangi dominasi Amazon dalam dunia e-book. Google pun sedang diselidiki dalam dugaan melakukan promosi yang tidak adil dengan mengutamakan dan memproritaskan konten-konten dan situs miliknya dalam hasil pencarian yang mengakibatkan perusahaan-perusahaan lain, termasuk Microsoft, menjadi tidak kompetitif dalam search advertising.

Sebelumnya, dalam sejarah industri teknologi, kita mengetahui persaingan yang panas antara IBM dan Apple di tahun 1980-an, Microsoft dan Netscape pada tahun 1990-an. Tapi, rivalitas yang ada sekarang itu jauh lebih sengit dan rumit, belum lagi adanya ambisi dari para pendirinya, di mana dari tiga diantara empat perusahaan tersebut  hingga kini masih dijabat dan dijalanakan oleh mereka tersebut. Amazon yang didirikan oleh Jeff Bezos, Google oleh Larry Page dan Facebook yang dirikan oleh Mark Zuckerberg. Walaupun Steve Jobs sudah tiada, tetapi ia telah menyiapkan Tim Cook, penerusnya sebagai Chief Excecutive.

Masing-masing dari perusahaan ini memiliki model bisnisnya sendiri. Google yang telah menjadikan mesin pencariannya menjadi mesin pencetak uang dengan menggunakannya sebagai media iklan, Facebook yang kini makin berkembang dalam jejaring sosialnya, hingga Amazon yang telah menjadikan aktivitas membeli buku dan konten digital tak pernah semudah dan semurah ini. Dan Apple yang telah meraup jutaan dollar dengan membuat "beautiful gadgets at premium prices".

Persaingan mereka bahkan berkembang menjadi semakin kompetitif saat masing-masing ingin menguasai bidang lain dalam industri teknologi yang menjanjikan harta yang berlimpah ruah. Google yang berusaha membuat G+ untuk menguasai jejaring sosial, membuat Google Play untuk bidang konten digital dan berusahan menyaingi iOS dan iPhone milik Apple dengan membuat ponsel Nexus dan sistem operasi Android. Apple pun berusaha mencari seonggok emas dalam dunia konten digital dengan keberhasilannya di iTunes. Amazon juga yang kini berusaha merebut pasar dengan membuat kindle.

Tak hanya mereka yang saling bersaing, kita juga harus memperhitungkan Microsoft yang mencoba kembali menjadi raja serta Nokia, rekannya, untuk mengambil alih singgasana yang dulu mereka miliki. Kini, Nokia mencoba peruntungan dengan mengeluarkan Windows Phone dan Microsoft yang terus mencoba menguasai dunia digital, lebih lagi dunia gadget, seperti strategi keempat raksasa di atas.

Bezos, Page, Cook, dan Zuckerberg harus membuat strategi yang lebih jitu dan kembali menjaga rivalitas mereka. Selain itu, sepertinya kita akan melihat aksi yang lebih seru dan cerita seri yang penuh drama di antara mereka dalam pertempuran menjadi yang berkuasa di masa yang akan mendatang.





Junario Wibawa/ 1601274521
01PCM

No comments:

Post a Comment